Rabu, 22 Juli 2015

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN
:
SMPN 1 MARTAPURA
MATA PELAJARAN           
;
Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER
:
VII / I
MATERI POKOK    
:
Chapter 1 - Teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan.
ALOKASI WAKTU
:
1 x 2 JP (1 pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI
1.          Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.          Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.          Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.          Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR :
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
Bersyukur bisa belajar bahasa Inggris
2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
Menunjukkan perilaku santundalam perkenalan diri
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam perkenalan diri
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
Sapaan serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
Memahami fungsi sosial, struktur teks, danunsur kebahasaan pada ungkapan sapaanserta responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.
4.1
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Menyusun teks lisan tentang sapaan.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mempelajari materi ini peserta didik dapat :
1.      Menunjukkan kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris tentang sapaan.
2.      Menunjukkan perilaku yang santun dan percaya diri dalam berkomunikasi tentang sapaan.
3.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
4.      Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
5.      Menyusun teks lisan tentang sapaan..

D.    MATERI PEMBELAJARAN :
1.         Fungsi sosial sapaan adalah untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
2.         Struktur teks
a.       Good morning. How are you?
Fine, thank you. And You? Dan semacamnya
b.      Goodbye, Bye, See you later, See you, Take care,  dan semacamnya
3.         Unsur kebahasaan
Kosakata, tatabahasabaku, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.

E.     METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan: Scientific Approach
Strategi:observing, questioning , associating, experimenting,dan communicating (kerja berkelompok).

F.     MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
ü  When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas VII  Hal. 1 – 9
ü  Internet
ü  Gambar

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a.      Pendahuluan  (10 menit)
·         Guru masuk kelas dan memberi salam
·         Guru menyapa siswa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama
·         Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa bersama
·         Guru memeriksa kehadiran siswa
·         Guru memotivasi siswa
·         Guru menyampaikantujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai serta garis besar materi yang akan dipelajari

b.      Kegiatan Inti (60 menit)
       Mengamati:
·         Siswa terbiasa atau seringmendengar dan menyaksikanguru dan warga sekolah lainmenyapa, meresponnya, dalam bahasaInggris, bahasa Indonesia, danbahasa lain, untuk menjagahubungan interpersonaldengan ungkapan yang sesuai dengan konteksnya (keteladanannya)
·         Siswa dituntut untukmencontoh keteladanan tersebut dengan menyapa meresponnya, dalam bahasaInggris, untuk menjagahubungan interpersonal dansesuai dengan konteksnya.
Menanya:
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara ungkapan sapaan, serta responnya dalam bahasa Inggrisdengan yang ada dalam bahasaIndonesia,kemungkinanmenggunakan ungkapan lain,akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mencoba:
·         Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi sapaan ,serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·         Siswa menirukan contoh-contoh interaksi  sapaan,  sertaresponnya dalam bahasa
Inggris dengan ucapan,tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi sapaan, serta responnya.
·         Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk sapaan, serta responnya, dalam kontekspembelajaran, simulasi, roleplay, dan kegiatan lain yang terstruktur.
Mengasosiasikan:
·         Siswa membandingkan berbagai ungkapan  sapaan serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai informasi diatas.
·         Siswa membandingkan ungkapan sapaan serta responnya yang telah dipelajari tersebut diatas dengan sumber- sumber yang lain atau dengan digunakan dengan bahasa lain
·         Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi social dan unsur kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan:
·         Siswa menggunakan bahsa inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyapa serta responnya didalam dan dluar kelas untuk menjaga hubungan interpersonal dan sesuai dengan konteksnya.
·         Siswa berupaya berbicara secara lancer dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar,dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar serta tulisan yang jelas dan rapi.
·         Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, serta responnya, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

c.       Penutup
·      Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
·      Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
·      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari ungkapan-ungkapan lain tetntang sapaan.

H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-     Observasi dan penilaian diri (semangat belajar, santun, peduli, percayadiri, tanggungjawab)

         Pengetahuan:
-      Tes lisan

Keterampilan:
-     Tes lisan (mampu mengucapkan ungkapan sapaan kepada teman di kelas di depan kelas)

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Martapura




RAHMADI, M.Pd
NIP 19711205 199702 1 004

Martapura,       Juli 2015
Guru Bahasa Inggris




MAYA MARLINA FEBRIYANTHI, M.Pd
NIP 19730215 199903 2 007




LAMPIRAN
 



I.       INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Jumlah Score
Nilai
Santun
Peduli
Percaya Diri
Tanggung Jawab
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10








Keterangan:
5          = Sangat sering menunjukan sikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
4          = Sering menunjukkan sikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
3          = Beberapa kali bersikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
2          = Pernah menunjukkan sikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
1          = Tidak pernah bersikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.

5          = Amat baik (AB)                   90 < AB ≤ 100
4          = Baik (B)                               80 <B ≤ 90
3          = Cukup (C)                            70 <C ≤ 80
2          = Kurang (K)                          60 <K ≤ 70
1          = Sangat kurang  (SK)            50 <SK≤ 60



II. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.
PILIHAN KOSA KATA
a. Sangat varaitif dan tepat
5
b. varaitif dan tepat
4
c. Cukup varaitaif dan tepat
3
d. Kurang variatif dan tepat
2
e. Tidak varaitif dan tepat
1
2.
PILIHAN TATA BAHASA
a. Pilihan tata tepatbahasa sangat
5
b. Pilihan tata bahasa tepat
4
c. Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
d. Pilihan tata bahasa kurang tepat
2
e. Pilihan tata bahasa tidak tepat
1

Rubrik penilaian pengetahuan:
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Jumlah Score
Nilai
Pilihan kosakata
 (5,4,3,2,1)
Pilihan tata bahasa
(5,4,3,2,1)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13









Pedoman scoring

III. INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Score
1.
Pronounciation
Hampir sempurna
5


Beberapa kesalahan namun tidak menggaggu makna
4


Beberapa kesalahan menggagu makna
3


Banyak kesalahan mengganggu makna
2


Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makana
1
2
Fluency
Sangat lancar
5


Lancar
4


Cukup lancar
3


Kurang lancar
2


Tidak lancar
1

Rubrik Penilaian Keterampilan Speaking :
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Jumlah Score
Nilai
Pronounciation (5,4,3,2,1)
Fluency (5,4,3,2,1)
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10









  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar