Kamis, 23 Juli 2015

CATATAN SEORANG GURU MENUJU ISTANA NEGARA OLEH MAYA MARLINA FEBRIYANTHI,M.Pd


Rasanya tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa profesi yang paling mulia dan paling terhormat di dunia ini adalah profesi guru. Kita boleh saja kagum dengan kemampuan seorang arsitek yang mampu membuat sebuah jembatan dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Kita boleh bangga dengan dokter ahli yang mampu menyembuhkan penyakit yang berat dan kronis.  Tetapi kita harus sadar dan mengakui bahwa kehebatan orang – orang tersebut tentunya tidak terlepas dari peran guru – guru mereka. Lahan kerja guru sangat bersentuhan dengan karunia tertinggi dan maha penting dari seorang manusia yaitu otak dan hati. Guru yang baik bisa menghantarkan peserta didiknya menjadi seorang yang hebat dan berguna bagi nusa, bangsa dan negara. Atas dasar hal tersebut saya memutuskan untuk meleburkan diri dengan profesi yang paling mulia ini yakni menjadi seorang pendidik atau guru.
Guru tidak cukup hanya mentransfer pengetahuan dan memperkaya wawasan peserta didik, tetapi juga harus bisa ‘menyentuh’ hati peserta didiknya agar terjadi perubahan sikap dan prilaku yang lebih baik dan mampu bertahan terhadap godaan – godaan zaman dan budaya. Inilah yang menjadi visi hidup saya selaku seorang guru, agar bisa menjadi guru profesional yang mampu berprestasi tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bisa membuat peserta didik, keluarga, dan teman sejawat berprestasi.
Mengikuti pemilihan guru berprestasi, memacu saya untuk terus meningkatkan kualitas diri baik dari segi kepribadian, kemampuan mengajar, menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat untuk pembelajaran dan juga menjaga hubungan yang lebih baik dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan lainnya, dan masyarakat. Pemilihan guru berprestasi merupakan ajang aktualisasi diri bagi saya untuk mengukur sejauh mana perilaku, kompetensi, karya dan wawasan yang telah dilakukan dan dimiliki sejauh ini sesuai dengan kriteria seorang guru berprestasi melalui penilaian yang standar. Selain itu ajang seleksi ini bagi saya bisa dijadikan sarana untuk lebih memperkenalkan SMP Negeri 1 Martapura di level Provinsi Kalimantan Selatan dan Nasional.
Jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Kelas I Sekolah Menengah Atas (SMA) saya lewati di kota kecil Sampit, Kalimantan Tengah, kemudian tahun 1989 saya pindah mengikuti saudara ke Banjarmasin dan menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Banjarmasin tahun 1991. Setelah itu, saya mengikuti kursus computer selama setahun di Malang (Jawa Timur). Tahun 1992 saya melanjutkan pendidikan ke Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan lulus tahun 1998. Dari tahun 1996-1998 saya mendapat pengalaman mengajar dengan menjadi instruktur bahasa Inggris di Lembaga Bahasa LIA Banjarmasin.
Karir saya sebagai seorang guru PNS dimulai pada tahun 1999 ketika diangkat menjadi seorang guru mata pelajaran bahasa Inggris di SMPN 1 Tamban, Barito Kuala Kalsel. Tamban merupakan sebuah kecamatan yang terletak di pinggiran sungai. Ada beberapa alternatif yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke SMPN 1 Tamban yakni bisa lewat darat maupun lewat sungai.  Jalur yang paling sering ditempuh oleh saya bersama teman – teman serombongan adalah lewat jalur sungai dengan menggunakan perahu bermotor karena jarak tempuh lebih singkat meskipun agak berbahaya karena harus menyeberangi sungai yang luas. 
Peserta didik yang santun dan bersemangat dengan  pendidikan benar – benar membuat saya bahagia dan bangga menjadi seorang guru. Hingga akhir tahun 2005 saya mengabdikan diri menjadi guru di SMPN 1 Tamban sampai akhirnya saya mengajukan usul mutasi ke sebuah SMPN di wilayah kabupaten lain yakni kabupaten Banjar.  Mutasi ini dilakukan karena mengikuti suami yang selama rentang waktu kurang lebih 6 tahun tersebut terpisah tugas di kabupaten yang berbeda.  Berkumpul dengan keluarga tercinta merupakan sebuah kebahagian yang tiada terhingga walau di sisi lain ada perasaan haru karena harus meninggalkan peserta didik dan rekan – rekan seprofesi di SMPN 1 Tamban.
Selama bertugas di kabupaten Banjar dari tahun 2006 hingga saat ini, saya mendapat pengalaman mengajar pada 3 sekolah yang berbeda.  Tahun 2006 hingga 2009 saya bertugas di SMPN 1 Astambul.  Berikutnya karena mengisi formasi guru bahasa Inggris di unit sekolah yang baru didirikan, saya dimutasi ke SMPN 1 Martapura Timur dan bertugas hingga Januari 2011.
Kemudian, atas pertimbangan pemenuhan guru yang berkualifikasi S-2 di SMP Negeri 1 Martapura yang dipersiapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, saya dimutasi pada tahun 2011 dan ditunjuk menjadi penanggung jawab program percepatan RSBI pada sekolah tersebut.  Hingga sekarang saya masih bertugas di SMP Negeri 1 Martapura. Banyak  sekali pengalaman  berharga yang telah saya dapatkan selama menjalankan pengabdian terkait dengan pengajaran bahasa Inggris di SMP maupun tugas tambahan lainnya di sekolah.
Pada tahun 2001 dilaksanakan Needs Assessment Test secara serentak terhadap guru SMP di 6 provinsi yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.  Hasil dari test tersebut selain untuk pemetaan kompetensi guru juga dijadikan dasar untuk pemanggilan guru – guru untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut S2 mata pelajaran yang linier dari Asian Development Bank di Universitas Negeri Malang dan Universitas Negeri Surabaya. Tentu saja untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut harus melalui tahap penyaringan lagi. Saya berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa program studi Bahasa Inggris pada program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang bersama 25 guru Bahasa Inggris lainnya dari 6 provinsi tersebut. Perkuliahan dimulai pada tahun 2002 dan pada tahun 2004 saya berhasil menyelesaikan pendidikan dengan meraih gelar Magister Pendidikan Bahasa Inggris.  Pengetahuan yang didapat dari peningkatan kualifikasi pendidikan ini sangat bermanfaat bagi saya dan dapat diterapkan kepada peserta didik serta dapat diimbaskan kepada rekan sejawat.
Dalam rangka membuka wawasan dan pengembangan diri, saya mengikuti beberapa pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan profesi saya sejak tahun 2005 hingga sekarang. Sebagian besar upaya peningkatan wawasan dan pengembangan diri tersebut didapat dari MGMP. MGMP adalah organisasi profesional, dan merupakan ajang atau arena bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas dan prestasi melalui berbagai kegiatan ilmiah seperti workshop, seminar, presentasi hasil-hasil karya guru. Upaya peningkatan wawasan dan pengembangan diri lainnya diperoleh dari pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan,  hingga level nasional oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh baik dari peningkatan kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatikan, keikutsertaan dalam forum ilmiah, karya pengembangan profesi dan keaktifan dalam organisasi bisa diimbaskan kepada rekan – rekan sejawat baik dalam forum MGMP, Bintek dan pelatihan lainnya ditingkat kabupaten ataupun provinsi sejak tahun 2008 sampai sekarang. Sebuah kebanggaan bagi saya ketika bisa memberikan yang terbaik tidak hanya berguna untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.
Banyak manfaat yang bisa diambil ketika ikut terlibat  dalam forum – forum ilmiah yang berkaitan dengan pendidikan karena akan menambah wawasan dan pengeahuan kita yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran di kelas. Beberapa kegiatan – kegiatan dalam forum ilmiah yang pernah saya ikuti adalah seminar dan workshop dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga level internasional.
Beberapa modul untuk materi pelatihan telah saya susun dan  digunakan ketika saya melakukan  kegiatan pembimbingan teman sejawat  di beberapa pelatihan. Dalam mengembangkan profesi guru, saya telah melakukan beberapa penelitian baik dalam bentuk penelitian tindakan kelas maupun penelitian dan pengembangan ( Research and Development) sejak tahun 2006 hingga sekarang. Selain itu saya juga menulis beberapa makalah. Saya juga ditunjuk untuk menyusun kisi – kisi dan naskah soal ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan pra-ujian nasional tingkat kabupaten dari tahun 2007 sampai sekarang.
Dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran akan lebih menarik dan menyenangkan jika menggunakan media dan alat  pembelajaran.  Banyak manfaat yang didapatkan, peserta didik menjdi lebih termotivasi dan pembelajaran menjadi lebih efektif. Mengingat besarnya manfaat penggunaan media dan alat pembelajaran maka saya mengembangkan  media dan alat pembelajaran yang relevan. Media dan alat pembelajaran yang telah saya buat berupa media gambar, kartu kata, kartu ucapan, alat peraga kalender, alat peraga permainan ular tangga notice/caution/warning, hingga media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu Power Point Presentation, kompilasi video lagu dan cerita bahasa Inggris, serta iSpringQuizMaker. Saya juga memfasilitasi dan memotivasi peserta didik untuk membuat tugas pembelajaran  dengan memanfaatkan  teknologi informasi dan komunikasi.
Saya melakukan banyak pembimbingan kepada peserta didik.  Hasil pembimbingan tersebut ada yang membuahkan hasil bagi peserta didik dan ada juga yang masih belum mencapai juara. Dari beberapa pembimbingan yang saya lakukan terhadap peserta didik (2007-2014), beberapa diantaranya memberikan hasil kejuaraan, yaitu juara Lomba Bercerita Bahasa Inggris, Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) SMP Terbuka, dan Lomba Ketangkasan Tingkat Pramuka Penggalang.
Beberapa lomba dan karya – karya  akademik saya ikuti sebagai bentuk  aktualisasi saya dalam peningkatan potensi dan mengukur kemampun diri.  Dari ajang lomba dan karya akademik tersebut beberapa prestasi dapat saya raih.  Prestasi – prestasi tersebut dapat dilihat pada tabel 1 berikut.

Tabel 1 :  Daftar Prestasi Lomba dan Karya Akademik
NO
PRESTASI DAN LOMBA
WAKTU
TINGKAT
PELAKSANA
1.

Juara I Pemilihan Guru Berprestasi

16-18 Juni 2014
Provinsi
Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel
2.
Juara I Pemilihan Guru Berprestasi
21-22 Mei 2014
Kabupaten
Dinas Pendidikan Kab. Banjar
3.
Finalis Peserta Lomba Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Provinsi
2 – 3 Juli 2013
Provinsi
Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kalsel
4.
Finalis Peserta Lomba Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Provinsi
17 – 18 September 2012
Provinsi
Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kalsel
5.
Finalis Peserta Lomba Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Nasional
22-26 November 2010
Nasional
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas
6.
Juara II Pemilihan Guru Berprestasi
24-25 Mei 2010
Kabupaten
Dinas Pendidikan Kab. Banjar

Keharmonisan dalam berkeluarga berdampak positif bagi prestasi keluarga. Saya merasa sangat beruntung memiliki keluarga yang saling mendukung, penuh pengertian dan saling memberi motivasi. Kondisi ini  menyebabkan seluruh anggota keluarga bisa mengembangkan potensi dirinya untuk berprestasi.  Saya memiliki suami yang juga PNS dan banyak prestasi yang telah diraih yaitu juara I Inovasi Pembelajaran Guru tingkat provinsi dan sebagai finalis di tingkat nasional, serta juara I Seleksi Kepala Sekolah Dasar Berprestasi tingkat Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, dan finalis Seleksi Kepala Sekolah Dasar Berprestasi Nasional. Selanjutnya, dari hasil perkawinan, Saya dikaruniai 4 orang anak.  Saya merasa bersyukur kepada Allah SWT karena keempat anak – anak ini bisa memberikan prestasi yang membanggakan bagi kedua orangtua, baik prestasi akademik maupun non akademik.  Prestasi – prestasi ini tidak terlepas dari pola pendidikan yang diterapkan oleh Saya bersama suami.
Tahun 2014 adalah tahun yang begitu berkesan karena memperoleh kesempatan untuk mengikuti upacara hari ulang tahun Republik Indonesia ke-69, tanggal 17 Agustus 2014 bersama Presiden Susilo Bambang Yodhoyono dan rekan-rekan PTK Berprestasi se-Indonesia. Merupakan pengalaman yang sangat berharga.


 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar