Rabu, 20 Oktober 2010

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

COMPILED BY MAYA MARLINA FEBRIYANTHI, M.Pd

A. Latar Belakang Penelitian Tindakan Kelas
  1. Dominansi penelitian konvensional (Survei, penelitian evaluasi, eksperimental)
  2. Peneliti bukan guru tetapi researchers
  3. Permasalahan dari sudut pandang orang lain
  4. Keterlibatan guru, kalau ada, sebagai sumber data: penghayatan dan pembentukan pengetahuan guru
  5. Follow-up atas rekomendasi hasil: long & winding
  6. Dampak tidak langsung
B. PenelitianTindakan Kelas disebut juga
  1. Classroom action research
  2. Self-reflective inquiry
  3. Teacher-researcher research
  4. Teacher-initiated research
  5. Classroom research
  6. Reflective teaching

C. According to Carr and Kemmis in Mc.Niff, 1982:2
Action research is a form of self-reflective inquiry undertaken by participants (teachers, students or principals, for example) in social (including educational) situations in order to improve the rationality and justice of (a) their own social or educational practices, (b) their understanding of these practices, and (c) the situations (and institutions) in which these practices are carried out.

D. According to Kasbollah and Sukaryana (2001:9)
Classroom Action Research is one of the efforts made by a teacher or a practitioner in the form of various activities which are carried out in order to improve an unsatisfactory condition or to increase learning quality in class.

E. Konsep Dasar
  1. For and by the teacher
  2. Strategi pemecahan permasalahan dalam praktek pengajaran dan pembelajaran
  3. Mengidentifikasi, mendeteksi, mendiagnosa permasalahan
  4. Merencanakan pemecahan masalah agar keadaan lebih baik
  5. Tindakan pemecahan masalah
  6. Merefleksikan tindakan
  7. Metodologis
F. PTK dalam Perbandingan
ASPEK
KONVENTIONAL
PTK
Sasaran Penelitian
Populasi dan cuplikan sampelnya yang refresentatif

Sekelompok subyek tertentu

Instrumen
Tuntutan validitas dan realibilitas instrumen tinggi

Tidak terlalu mempermasalahkan validitas dan realibilitas

Analisis Data
Statistik yang canggih dan rumit

Tidak harus canggih dan rumit

Orientasi Focus
Produk formal

Proses dan produk

Spektrum Makna Temuan
Lebih umum dan luas

Kontekstual, spesifik dan terbatas





G. The Anatomy of Research Proposal
Title
Introduction : - Background     
                                                 - Research problem
                                                 - Research objective of the study
                                                 - Significance  of the study
Review of related literature and Hypothesis
Research method/procedure:
                       - Research design
                       - Research setting and subject
                       - The strategy
                       - Instrument development
                       - Data analysis and reflection
Research Schedule
Budget planning
References
Curriculum Vitae

H. Perumusan Masalah
  1. Substansi: Kebermaknaan (praktis atau teoritis), orisinalitas
  2. Perumusan:
    1. Kalimat tanya (terbuka atau tertutup: ya - tidak), deklaratif,
    2. Eksplisit: cara pemecahan
    3. Spesifik: lingkup dan sasaran
3.            3. Teknis: Resources yang ada
 
 Beberapa contoh permasalahan untuk dianalisis:
  1.  Adakah hubungan antara kemampuan berfikir kritis siswa kelas III dengan kemampuan membaca teks Report?
  2.  Bagaimanakah pengaruh pemberian ungkapan Transaksional dan Interpersonal terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris?
  3. Sejauh manakah keefektifan implementasi KTSP?
  4. Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan memaksimalkan pemberian ungkapan Transaksional dan Interpersonal ?
J. DISKUSIKAN JUDUL-JUDUL PENELITIAN BERIKUT:
  1. Meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dengan menggunakan Think, Pair, Share (TPS).
  2. Meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan role playing dan games.
  3. Meningkatkan kemampuan speaking siswa dengan dialog journal.
  4.  Improving Students’ motivation to learn English through “who wants to be a millionaire” quiz.

K. Model of Research Design
According to Kemmis and McTaggart, the process of an action research is a cyclic process, which consists of some steps :
  1.  Planning,
  2. Implementation,
  3.  Observation, and
  4. Reflection.
J. DISKUSIKAN JUDUL-JUDUL PENELITIAN BERIKUT:
  1. Meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis dengan menggunakan Think, Pair, Share (TPS).
  2. Meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan role playing dan games.
  3. Meningkatkan kemampuan speaking siswa dengan dialog journal.
  4. Improving Students’ motivation to learn English through “who wants to be a millionaire” quiz.

K. Model of Research Design
According to Kemmis and McTaggart, the process of an action research is a cyclic process, which consists of some steps :
  1. Planning,
  2. Implementation,
  3. Observation, and
  4. Reflection.


L. CONTOH PROSEDUR PENELITIAN

Perencanaan

·         Menyiapkan RPP teks deskriptif dengan teknik penggunaan Kartu Petunjuk (Clue-Card).
·         Menentukan criteria keberhasilan.

Pelaksanaan Tindakan

Gagal
Analisis dan Refleksi
Selesai
Berhasil

Siklus N

Pengamatan
Analisis & Identifikasi
§  Siswa belum mampu menghasilkan teks secara berterima.
§  Pembelajaran yang monoton.
§  Perlu media yang membuat kelas lebih hidup.

Identifikasi Awal

§  Identifikasi masalah yang ada di kelas.
§  Menentukan masalah utama yang perlu dipecahkan.


 












































M. SIMPULAN
1. Pra PTK , Proses, Output, Outcome.
2. PTK terintegrasi dengan PBM
3. PTK mengasah ketajaman guru sebagai fasilitator, mediator, narasumber di kelas secara personal dan profesional
4. PTK minded is a move to reflective teaching
 Would you like to be a reflective teacher?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar