RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN
|
:
|
SMPN 1
MARTAPURA
|
MATA PELAJARAN
|
;
|
Bahasa
Inggris
|
KELAS /
SEMESTER
|
:
|
VII / I
|
MATERI POKOK
|
:
|
Chapter 1 - Teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan.
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
1 x 2 JP (1
pertemuan)
|
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B. KOMPTENSI DASAR DAN INDIKATOR :
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
|
Bersyukur bisa belajar bahasa Inggris
|
2.1
|
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
|
Menunjukkan perilaku santundalam perkenalan diri
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
|
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam perkenalan diri
|
3.1
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
Sapaan
serta responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
Memahami fungsi
sosial, struktur teks, danunsur kebahasaan pada ungkapan sapaanserta
responnya, sesuai dengan kontekspenggunaannya.
|
4.1
|
Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks
|
Menyusun teks
lisan tentang sapaan.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah mempelajari materi ini
peserta didik dapat :
1.
Menunjukkan kesungguhan dalam belajar
bahasa Inggris tentang sapaan.
2.
Menunjukkan perilaku yang santun dan
percaya diri dalam berkomunikasi tentang sapaan.
3.
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
4.
Memahami fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan sapaan serta responnya, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
5.
Menyusun teks lisan tentang sapaan..
D. MATERI PEMBELAJARAN :
1.
Fungsi sosial sapaan adalah untuk
menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
2.
Struktur teks
a.
Good morning. How are you?
Fine, thank you. And You? Dan semacamnya
b.
Goodbye, Bye, See you later,
See you, Take care, dan semacamnya
3.
Unsur kebahasaan
Kosakata,
tatabahasabaku, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
E. METODE PEMBELAJARAN:
Pendekatan: Scientific Approach
Strategi:observing, questioning ,
associating, experimenting,dan communicating (kerja berkelompok).
F. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
ü When English Rings a Bell SMP/MTs Kelas
VII Hal. 1 – 9
ü Internet
ü Gambar
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
a.
Pendahuluan (10 menit)
·
Guru masuk kelas dan memberi salam
·
Guru menyapa siswa dengan menggunakan bahasa Inggris agar English
Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama
·
Guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa bersama
·
Guru memeriksa kehadiran siswa
·
Guru memotivasi siswa
·
Guru menyampaikantujuan
pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai serta garis besar materi yang
akan dipelajari
b.
Kegiatan Inti (60
menit)
Mengamati:
·
Siswa terbiasa atau seringmendengar
dan menyaksikanguru dan warga sekolah lainmenyapa, meresponnya, dalam
bahasaInggris, bahasa Indonesia, danbahasa lain, untuk menjagahubungan
interpersonaldengan ungkapan yang sesuai dengan konteksnya (keteladanannya)
·
Siswa dituntut untukmencontoh
keteladanan tersebut dengan menyapa meresponnya, dalam bahasaInggris, untuk
menjagahubungan interpersonal dansesuai dengan konteksnya.
Menanya:
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan
antara ungkapan sapaan, serta responnya dalam bahasa Inggrisdengan yang ada
dalam bahasaIndonesia,kemungkinanmenggunakan
ungkapan lain,akibat jika tidak melakukan, dsb.
Mencoba:
·
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi sapaan ,serta responnya dalam bahasa
Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa menirukan contoh-contoh interaksi sapaan, sertaresponnya dalam bahasa
Inggris dengan ucapan,tekanan kata,
intonasi, dan sikap yang benar.
·
Dengan bimbingan dan
arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan) interaksi sapaan, serta responnya.
·
Secara kolaboratif,
siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk sapaan, serta responnya, dalam
kontekspembelajaran, simulasi, roleplay, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasikan:
·
Siswa membandingkan
berbagai ungkapan sapaan serta responnya
yang telah dikumpulkan dari berbagai informasi diatas.
·
Siswa membandingkan
ungkapan sapaan serta responnya yang telah dipelajari tersebut diatas dengan
sumber- sumber yang lain atau dengan digunakan dengan bahasa lain
·
Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi social dan unsur
kebahasaan yang digunakan.
Mengkomunikasikan:
·
Siswa menggunakan bahsa
inggris setiap kali muncul kesempatan untuk menyapa serta responnya didalam dan
dluar kelas untuk menjaga hubungan interpersonal dan sesuai dengan konteksnya.
·
Siswa berupaya
berbicara secara lancer dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar,dan
menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar serta tulisan yang jelas dan
rapi.
·
Siswa membicarakan
permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyapa, serta
responnya, dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa
Indonesia.
c. Penutup
·
Guru dan siswa secara bersama-sama
membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
·
Guru mengajukan pertanyaan kepada
siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang
telah mereka lakukan.
·
Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencari ungkapan-ungkapan lain tetntang sapaan.
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Sikap:
-
Observasi dan penilaian diri (semangat belajar, santun, peduli, percayadiri, tanggungjawab)
Pengetahuan:
- Tes lisan
Keterampilan:
-
Tes lisan (mampu mengucapkan
ungkapan sapaan kepada teman di kelas di depan kelas)
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Martapura
RAHMADI, M.Pd
NIP 19711205 199702 1 004
|
|
Martapura,
Juli 2015
Guru Bahasa Inggris
MAYA MARLINA FEBRIYANTHI, M.Pd
NIP
19730215 199903 2 007
|
LAMPIRAN
|
I.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang Dinilai
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
|||
Santun
|
Peduli
|
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
5 = Sangat sering menunjukan sikap santun, peduli, percaya diri dan
tanggung jawab.
4 =
Sering menunjukkan
sikap santun, peduli, percaya diri dan
tanggung jawab.
3 =
Beberapa kali bersikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
2 = Pernah menunjukkan sikap santun, peduli, percaya diri dan tanggung jawab.
1 = Tidak pernah bersikap santun, peduli, percaya diri dan
tanggung jawab.
5 = Amat baik (AB) 90 < AB ≤ 100
4 = Baik (B) 80 <B ≤ 90
3 = Cukup (C) 70
<C ≤ 80
2 = Kurang (K) 60
<K ≤ 70
1 = Sangat kurang (SK) 50
<SK≤ 60
II. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1.
|
PILIHAN
KOSA KATA
|
a.
Sangat varaitif dan tepat
|
5
|
b.
varaitif dan tepat
|
4
|
||
c.
Cukup varaitaif dan tepat
|
3
|
||
d.
Kurang variatif dan tepat
|
2
|
||
e.
Tidak varaitif dan tepat
|
1
|
||
2.
|
PILIHAN TATA
BAHASA
|
a.
Pilihan tata tepatbahasa sangat
|
5
|
b.
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
||
c.
Pilihan tata bahasa cukup tepat
|
3
|
||
d.
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
2
|
||
e.
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
|
Rubrik penilaian pengetahuan:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang Dinilai
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
|
Pilihan kosakata
(5,4,3,2,1)
|
Pilihan tata bahasa
(5,4,3,2,1)
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
Pedoman scoring
III.
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1.
|
Pronounciation
|
Hampir sempurna
|
5
|
|
|
Beberapa kesalahan namun tidak
menggaggu makna
|
4
|
|
|
Beberapa kesalahan menggagu makna
|
3
|
|
|
Banyak kesalahan mengganggu makna
|
2
|
|
|
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu
makana
|
1
|
2
|
Fluency
|
Sangat lancar
|
5
|
|
|
Lancar
|
4
|
|
|
Cukup lancar
|
3
|
|
|
Kurang lancar
|
2
|
|
|
Tidak lancar
|
1
|
Rubrik Penilaian Keterampilan Speaking :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang Dinilai
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
|
Pronounciation (5,4,3,2,1)
|
Fluency (5,4,3,2,1)
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar