Rasanya tidaklah berlebihan
kalau dikatakan bahwa profesi yang paling mulia dan paling terhormat di dunia
ini adalah profesi guru. Kita boleh saja kagum dengan kemampuan seorang arsitek
yang mampu membuat sebuah jembatan dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Kita
boleh bangga dengan dokter ahli yang mampu menyembuhkan penyakit yang berat dan
kronis. Tetapi kita harus sadar dan
mengakui bahwa kehebatan orang – orang tersebut tentunya tidak terlepas dari
peran guru – guru mereka. Lahan kerja guru sangat bersentuhan dengan karunia
tertinggi dan maha penting dari seorang manusia yaitu otak dan hati. Guru yang
baik bisa menghantarkan peserta didiknya menjadi seorang yang hebat dan berguna
bagi nusa, bangsa dan negara. Atas dasar hal tersebut saya memutuskan untuk
meleburkan diri dengan profesi yang paling mulia ini yakni menjadi seorang
pendidik atau guru.
Guru tidak cukup hanya
mentransfer pengetahuan dan memperkaya wawasan peserta didik, tetapi juga harus
bisa ‘menyentuh’ hati peserta didiknya agar terjadi perubahan sikap dan prilaku
yang lebih baik dan mampu bertahan terhadap godaan – godaan zaman dan budaya. Inilah yang menjadi visi hidup saya selaku seorang
guru, agar bisa menjadi guru profesional yang mampu berprestasi tidak hanya untuk diri sendiri
tetapi juga bisa membuat peserta didik, keluarga, dan teman sejawat
berprestasi.
Mengikuti pemilihan guru
berprestasi, memacu saya
untuk terus meningkatkan kualitas diri baik dari segi kepribadian, kemampuan
mengajar, menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat untuk pembelajaran dan
juga menjaga hubungan yang lebih baik dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga
kependidikan lainnya, dan masyarakat.
Pemilihan guru berprestasi merupakan ajang aktualisasi diri bagi saya untuk mengukur sejauh mana perilaku,
kompetensi, karya dan wawasan yang
telah dilakukan dan dimiliki sejauh ini sesuai dengan kriteria seorang guru
berprestasi melalui penilaian yang standar. Selain itu ajang seleksi ini bagi saya
bisa dijadikan sarana untuk lebih memperkenalkan SMP Negeri 1 Martapura di level Provinsi Kalimantan Selatan
dan Nasional.
Jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD),
Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Kelas I Sekolah Menengah Atas (SMA) saya
lewati di kota kecil Sampit, Kalimantan Tengah, kemudian tahun 1989 saya pindah
mengikuti saudara ke Banjarmasin dan menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah
Atas (SMA) di Banjarmasin tahun 1991. Setelah itu, saya mengikuti kursus
computer selama setahun di Malang (Jawa Timur). Tahun 1992 saya melanjutkan
pendidikan ke Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan lulus tahun 1998.
Dari tahun 1996-1998 saya mendapat pengalaman mengajar dengan menjadi
instruktur bahasa Inggris di Lembaga Bahasa LIA Banjarmasin.
Karir saya sebagai seorang
guru PNS dimulai pada tahun 1999 ketika diangkat menjadi seorang guru mata
pelajaran bahasa Inggris di SMPN 1 Tamban, Barito Kuala Kalsel. Tamban
merupakan sebuah kecamatan yang terletak di pinggiran sungai. Ada beberapa
alternatif yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke SMPN 1 Tamban yakni bisa
lewat darat maupun lewat sungai. Jalur
yang paling sering ditempuh oleh saya bersama teman – teman serombongan adalah
lewat jalur sungai dengan menggunakan perahu bermotor karena jarak tempuh lebih
singkat meskipun agak berbahaya karena harus menyeberangi sungai yang
luas.
Peserta didik yang santun
dan bersemangat dengan pendidikan benar
– benar membuat saya bahagia dan bangga menjadi seorang guru. Hingga akhir
tahun 2005 saya mengabdikan diri menjadi guru di SMPN 1 Tamban sampai akhirnya saya
mengajukan usul mutasi ke sebuah SMPN di wilayah kabupaten lain yakni kabupaten
Banjar. Mutasi ini dilakukan karena
mengikuti suami yang selama rentang waktu kurang lebih 6 tahun tersebut
terpisah tugas di kabupaten yang berbeda.
Berkumpul dengan keluarga tercinta merupakan sebuah kebahagian yang
tiada terhingga walau di sisi lain ada perasaan haru karena harus meninggalkan
peserta didik dan rekan – rekan seprofesi di SMPN 1 Tamban.
Selama bertugas di kabupaten
Banjar dari tahun 2006 hingga saat ini, saya mendapat pengalaman mengajar pada
3 sekolah yang berbeda. Tahun 2006
hingga 2009 saya bertugas di SMPN 1 Astambul.
Berikutnya karena mengisi formasi guru bahasa Inggris di unit sekolah
yang baru didirikan, saya dimutasi ke SMPN 1 Martapura Timur dan bertugas
hingga Januari 2011.
Kemudian, atas pertimbangan
pemenuhan guru yang berkualifikasi S-2 di SMP Negeri 1 Martapura yang
dipersiapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, saya dimutasi
pada tahun 2011 dan ditunjuk menjadi penanggung jawab program percepatan RSBI
pada sekolah tersebut. Hingga sekarang saya masih
bertugas di SMP Negeri 1 Martapura. Banyak sekali
pengalaman berharga yang telah saya dapatkan selama menjalankan
pengabdian terkait dengan pengajaran bahasa Inggris di SMP maupun tugas tambahan lainnya di sekolah.
Pada tahun 2001 dilaksanakan
Needs Assessment Test secara serentak terhadap guru SMP di 6 provinsi yaitu
Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi
Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Hasil
dari test tersebut selain untuk pemetaan kompetensi guru juga dijadikan dasar
untuk pemanggilan guru – guru untuk mendapatkan beasiswa studi lanjut S2 mata
pelajaran yang linier dari Asian Development Bank di Universitas Negeri Malang
dan Universitas Negeri Surabaya. Tentu saja untuk bisa mendapatkan beasiswa
tersebut harus melalui tahap penyaringan lagi. Saya berkesempatan untuk
mendapatkan beasiswa program studi Bahasa Inggris pada program Pasca Sarjana
Universitas Negeri Malang bersama 25 guru Bahasa Inggris lainnya dari 6
provinsi tersebut. Perkuliahan dimulai pada tahun 2002 dan pada tahun 2004 saya
berhasil menyelesaikan pendidikan dengan meraih gelar Magister Pendidikan
Bahasa Inggris. Pengetahuan yang didapat
dari peningkatan kualifikasi pendidikan ini sangat bermanfaat bagi saya dan dapat
diterapkan kepada peserta didik serta dapat diimbaskan kepada rekan sejawat.
Dalam rangka membuka wawasan dan
pengembangan diri, saya mengikuti beberapa pendidikan dan pelatihan yang
relevan dengan profesi saya sejak tahun 2005 hingga sekarang. Sebagian besar
upaya peningkatan wawasan dan pengembangan diri tersebut didapat dari MGMP. MGMP adalah organisasi
profesional, dan merupakan ajang atau arena bagi guru untuk mengembangkan
kreatifitas dan prestasi melalui berbagai kegiatan ilmiah seperti workshop,
seminar, presentasi hasil-hasil karya guru. Upaya peningkatan wawasan dan pengembangan diri lainnya
diperoleh dari pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas
Pendidikan Kabupaten Banjar, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan,
Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Selatan, hingga level nasional oleh Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh baik dari peningkatan kualifikasi
akademik, pendidikan dan pelatikan, keikutsertaan dalam forum ilmiah, karya
pengembangan profesi dan keaktifan dalam organisasi bisa diimbaskan kepada
rekan – rekan sejawat baik dalam forum MGMP, Bintek dan pelatihan lainnya
ditingkat kabupaten ataupun provinsi sejak tahun 2008 sampai sekarang. Sebuah kebanggaan bagi saya ketika
bisa memberikan yang terbaik tidak hanya berguna untuk diri sendiri tetapi juga
untuk orang lain.
Banyak manfaat yang bisa diambil ketika ikut
terlibat dalam forum – forum ilmiah yang
berkaitan dengan pendidikan karena akan menambah wawasan dan pengeahuan kita
yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran di kelas. Beberapa kegiatan –
kegiatan dalam forum ilmiah yang pernah saya ikuti
adalah seminar dan workshop dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga
level internasional.
Beberapa modul untuk materi pelatihan telah saya
susun dan digunakan ketika saya
melakukan kegiatan pembimbingan teman
sejawat di beberapa pelatihan. Dalam
mengembangkan profesi guru, saya telah melakukan beberapa penelitian baik dalam
bentuk penelitian tindakan kelas maupun penelitian dan pengembangan ( Research
and Development) sejak tahun 2006 hingga sekarang. Selain itu saya juga menulis
beberapa makalah. Saya
juga ditunjuk untuk menyusun kisi – kisi dan naskah soal ulangan akhir
semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah dan pra-ujian nasional tingkat
kabupaten dari tahun 2007 sampai sekarang.
Dalam kegiatan sehari-hari, pembelajaran akan lebih menarik dan
menyenangkan jika menggunakan media dan alat
pembelajaran. Banyak manfaat yang
didapatkan, peserta didik menjdi lebih termotivasi dan pembelajaran menjadi
lebih efektif. Mengingat besarnya manfaat penggunaan media dan alat
pembelajaran maka saya mengembangkan
media dan alat pembelajaran yang relevan. Media dan alat pembelajaran
yang telah saya buat berupa media gambar, kartu kata, kartu ucapan, alat peraga
kalender, alat peraga permainan ular tangga notice/caution/warning, hingga
media berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu Power Point
Presentation, kompilasi video lagu dan cerita bahasa Inggris, serta iSpringQuizMaker.
Saya
juga memfasilitasi dan memotivasi peserta didik untuk membuat tugas
pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Saya melakukan banyak pembimbingan kepada peserta didik. Hasil pembimbingan tersebut ada yang
membuahkan hasil bagi peserta didik dan ada juga yang masih belum mencapai
juara. Dari beberapa pembimbingan yang saya lakukan terhadap
peserta didik (2007-2014), beberapa diantaranya memberikan hasil kejuaraan,
yaitu juara Lomba Bercerita Bahasa Inggris, Lomba Motivasi Belajar Mandiri (Lomojari) SMP
Terbuka, dan Lomba Ketangkasan Tingkat Pramuka Penggalang.
Beberapa lomba
dan karya – karya akademik saya ikuti
sebagai bentuk aktualisasi saya dalam
peningkatan potensi dan mengukur kemampun diri.
Dari ajang lomba dan karya akademik tersebut beberapa prestasi dapat saya
raih. Prestasi – prestasi tersebut dapat
dilihat pada tabel 1 berikut.
Tabel 1 : Daftar Prestasi Lomba dan Karya Akademik
NO
|
PRESTASI DAN LOMBA
|
WAKTU
|
TINGKAT
|
PELAKSANA
|
1.
|
Juara
I Pemilihan Guru Berprestasi
|
16-18 Juni 2014
|
Provinsi
|
Dinas Pendidikan
Provinsi Kalsel
|
2.
|
Juara I Pemilihan Guru
Berprestasi
|
21-22 Mei 2014
|
Kabupaten
|
Dinas Pendidikan Kab.
Banjar
|
3.
|
Finalis Peserta Lomba
Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Provinsi
|
2 – 3 Juli 2013
|
Provinsi
|
Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kalsel
|
4.
|
Finalis Peserta Lomba
Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Provinsi
|
17 – 18 September 2012
|
Provinsi
|
Badan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kalsel
|
5.
|
Finalis Peserta Lomba
Pengembangan Media Pembelajaran SMP Tingkat Nasional
|
22-26 November 2010
|
Nasional
|
Direktorat Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas
|
6.
|
Juara II Pemilihan Guru
Berprestasi
|
24-25 Mei 2010
|
Kabupaten
|
Dinas Pendidikan Kab.
Banjar
|
Keharmonisan dalam berkeluarga
berdampak positif bagi prestasi keluarga. Saya merasa sangat beruntung memiliki
keluarga yang saling mendukung, penuh pengertian dan saling memberi motivasi.
Kondisi ini menyebabkan seluruh anggota
keluarga bisa mengembangkan potensi dirinya untuk berprestasi. Saya memiliki suami yang juga PNS dan banyak
prestasi yang telah diraih yaitu juara I Inovasi Pembelajaran Guru tingkat
provinsi dan sebagai finalis di tingkat nasional, serta juara I Seleksi Kepala
Sekolah Dasar Berprestasi tingkat Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,
Provinsi Kalimantan Selatan, dan finalis Seleksi Kepala Sekolah Dasar
Berprestasi Nasional. Selanjutnya, dari hasil perkawinan, Saya dikaruniai 4
orang anak. Saya merasa bersyukur kepada
Allah SWT karena keempat anak – anak ini bisa memberikan prestasi yang membanggakan
bagi kedua orangtua, baik prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi – prestasi ini tidak terlepas dari
pola pendidikan yang diterapkan oleh Saya bersama suami.
Tahun 2014 adalah tahun yang begitu
berkesan karena memperoleh kesempatan untuk mengikuti upacara hari ulang tahun
Republik Indonesia ke-69, tanggal 17 Agustus 2014 bersama Presiden Susilo
Bambang Yodhoyono dan rekan-rekan PTK Berprestasi se-Indonesia. Merupakan
pengalaman yang sangat berharga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar